MENJADI SAHABAT ALQURAN 19.54

Pantas mengapa Allah memberikan ganjaran yang luar biasa besar bagi para penghafal Alquran. Mereka disetarakan denga keluarga Allah di muka bumi ini. Mereka diberikan surga firdaus selayaknya para Nabi dan Syuhada. Bahkan orang tua mereka diberikan mahkota dan pakaian yang indah di surga kelak.

Dalam bahasa arab penghafal Alquran disebut sebagai Hafizh yang artinya pemelihara dan aku baru mengerti mengapa mereka disebut pemelihara Alquran.

Seperti biasa, setiap senin malam aku menghadiri halaqoh tahfizh bersama Ustadz Ahmad Jumhur. Tapi kali ini ada yang istimewa. Tentu saja bukan karena ada jatah ta'jil untuk masing-masing peserta =D. Yang istimewa (baca=aneh), kali ini aku merasa sangat malu untuk setoran. Biasanya aku cuek aja setoran duluan diantara kawan-kawan yang lain, walaupun aku satu-satunya perempuan di halaqoh ini. Darurat! Dulu gak pernah ikut halaqoh tahfizh campuran seperti ini. Berhubung halaqoh tahfizh yang cocok waktunya yang di kantor ini, ya... ikut yang ini. Konsekuensinya, teman-temannya bapak-bapak semua. Ya... malam tadi aku ingin setoran sendiri saja. Pada saat orang-orang sudah berkumpul dan murajaah, lalu satu per satu dari mereka menyetorkan hafalan mereka di aula Masjid Al Murosalah aku lebih memilih duduk di ruang utama masjid sambil memantapkan hafalanku. Aku menunggu bapak-bapak itu pulang terlebih dahulu. Hingga akhirnya peserta terakhir menyetorkan hafalannya. Sayup-sayup kudengar alunan merdu Alquran dibacakan. Ya Allah... ternyata... setoran beliau sama dengan setoranku. Gundahku semakin meraja. Dalam hati muncul rasa iri. Ternyata beliau berhasil menyetorkan 1 surat penuh. Sedangkan aku???? aku hanya berhasil menghafal setengahnya. Ya Allah... betapa malunya aku. Bagaimana bisa aku punya wajah di hadapan Ustadzku? capaianku jauh dari target. Astaghfirullah... Setan mulai mengganngu, membisikkan godaan agar setoran pekan depan saja setelah lengkap 1 surat. Tapi aku melawan! Diam kau setan! Aku tahu persis, kalau hafalan tidak disetorkan pasti dia akan lenyap! Biarkan aku menanggung rasa malu ini. Bukankah malu itu bagian dari pada iman???

Akhirnya aku memberanikan diriku untuk melangkah ke aula masjid. Ustadz Ahmad menyambutku dengan senyuman. "Kirain udah pulang???" Dengan ramah beliau bertanya, "Mau langsung setoran atau mau cerita dulu?" =) Beliau sensitif sekali dengan sikapku yang berbeda dari biasanya. Padahal alasan utamaku adalah malu sama bapak2. =D

Kukuatkan hati untuk menyetor hafalan yang sedikit. Hatiku terasa tercabik-cabik, aku begitu payah. Mau bagaimana lagi, memang segitu adanya setoran hafalanku. Dengan penuh perjuangan akhirnya setoran hafalanku selesai juga.

Seperti biasa selesai setoran Ustadz Ahmad bertanya, "Kapan ngafalinnya? Kemarin ya?"
Owh Tidak, kali ini aku sudah berusaha menhafalnya selama beberapa hari, bukan dadakan. Jawaban beliau, "Alhamdulillah...." Lalu beliau memberikan tausiyah yang sangat menyejukkan. Aku tidak ingat redaksinya dengan detail. Yang pasti dalam sepekan kita bisa membagi waktu kita 3 hari untuk menambah hafalan dan 3 hari untuk memantapkan serta murajaah hafalan yang telah ada. Misalnya: kita sedang menghafal juz 28 dan telah hafal juz 30 dan 29. Maka, 3 hari pertama kita tambahkan hafalan juz 28 kita. 3 Hari berikutnya kita mantapkan hafalan baru kita. Selama 6 hari itu juga kita memurajaah 1 surat dari juz 30 dan 1 surat dari juz 29. Insya Allah akan terjaga hafalan kita. Mendengar tausiyah itu aku berkaca-kaca. Duuuh... tapi ditahan. Malu banget kalau terlihat berlinang air mata di depan ustadz. Bukan karena merasa tersindir aku berkaca-kaca. Tapi aku membayangkan alangkah indahnya kehidupan seorang hafidz quran. Hidupnya selalu bersama Alquran.

Ya Allah... hidupkanlah kami bersama cahaya Alquran Mu yang terang benderang. Jadikan kami keluargaMu di muka bumi ini. Amiiin

3 komentar:

Blogger Admin mengatakan...

assalamu alaikum......saya pernah mendengar bahwa blog ini adalah tempat untuk sharing spiritual?wah kebetulan sekali....saya tunggu waktunya untuk bisa sharing dengan saya...trims,i wait for you anytime ok

Blogger Admin mengatakan...

saya tunggu balasan dari anda ok see u!!!

Blogger Admin mengatakan...

kok lum ada balesan? apa ga pernah up date? lg males ya......saya tunggu komen balik nya di sini........tinggal klik dah nyampek kok hehe makasih banyak....

Posting Komentar